Fakta Tentang Traveling dan Karier


Traveloka.Com | Tahukah Anda, jika mampu membagikan pengalaman traveling di wawancara pekerjaan bisa membuat Anda lebih menonjol dari kandidat lainnya? Traveling tidak lagi dipandang sebagai “anti” dari bekerja, tapi sebagai salah satu aktivitas nyata terbaik dalam mengasah kemampuan professional di bidang karier maupun sebagai individu. Kebanyakan perusahaan menganggap hal ini sebagai nilai positif dari resume seseorang.
Traveling membentuk kepribadian, pengalaman hidup dan kemampuan lainnya yang sangat berguna bagi karier Anda:
1. Time management
Orang yang sudah terbiasa traveling lebih mampu mengatur waktunya. Walaupun sedang liburan, traveling menuntut seseorang untuk tepat waktu dan mampu memanfaatkan waktunya dengan baik, salah satunya agar dapat pergi ke tempat-tempat yang direncanakan.
2. Berkomunikasi dan bersosialisasi
Suksesnya sebuah karier bergantung pada kemampuan seseorang untuk berkomunikasi, bernegosiasi dan bekerja dengan berbagai macam orang dari latar belakang yang berbeda. Traveling bukan hanya sekedar melihat pemandangan bagus. Interaksi dengan orang lokal atau siapapun yang kita temui melatih kita untuk lebih mampu berkomunikasi dan mengerti orang lain.
3. Bahasa asing/daerah
Walaupun tidak fasih, namun dengan traveling, setidaknya kita mengenal beberapa istilah asing atau minimal salam dalam bahasa asing atau daerah. Ini memberikan kesan positif untuk memulai pembicaraan dengan rekan kerja dari daerah tersebut atau di dalam sebuah wawancara kerja. Selain itu, seseorang jadi terkesan cepat memahami dan memiliki minat untuk belajar dan mengetahui budaya lain.
4. Visualisasi
Lewat traveling, kita terbiasa untuk memvisualisasikan tempat yang belum pernah kita kunjungi dengan hanya melihat peta atau mengolah informasi seputar tempat tersebut. Kemampuan ini sangat berguna juga di dunia pekerjaan mencakup: memori yang kuat, imaginasi dan visualisasi akan goal yang ingin kita capai di dalam karier.
5. Stress management
Traveling sarat dengan menemui hal-hal tak terduga, dan stress management seseorang secara tidak langsung diuji dan dilatih dari sana. Hal ini sangat berguna ketika berada di dunia pekerjaan yang juga dipenuhi tantangan.
6. Teamwork
Tidak semua orang pernah traveling sendirian, dan pastinya selama traveling dengan teman, kita belajar teamwork. Itu bisa mulai dari membagi tugas siapa yang mencari penginapan, siapa yang research tentang kendaraan, tentang tempat wisata sampai tempat makan. Orang yang terbiasa traveling akan lebih terbiasa untuk melakukan teamwork di pekerjaan.
7. Adaptasi
Orang yang gemar traveling otomatis lebih mudah beradaptasi dengan tempat baru. Jika tidak, orang lebih memilih untuk tinggal saja di kotanya tanpa mau melihat daerah lain.
8. Decision-making
Mengambil keputusan semakin dilatih ketika kita traveling. Berada di tempat baru, kita keluar dari rutinitas dan mulai membuat keputusan baru. Mulai dari pergi ke mana, makan di mana, naik transportasi apa, punya plan B ketika plan A tidak berhasil selama liburan. Ini bukan berarti kita selalu mengambil keputusan yang benar, tapi setidaknya kita dilatih untuk memutuskan, dan “menikmati” konsekuensi yang terjadi, baik maupun buruk selama traveling.
9. Problem-solving
Mampu mencari jalan keluar dari masalah yang ada, ini adalah hal penting yang dicari perusahaan dari karyawannya. Demikian pun ketika Anda memiliki usaha sendiri. Orang yang terbiasa traveling lama-lama terlatih untuk tidak mudah panik ketika ada masalah, bersedia bertanya kepada orang lain yang lebih tahu dan menghadapi masalah demi jalan keluar yang lebih baik.
Bagaimana dengan Anda? Silakan share hal-hal yang Anda dapat dari traveling, khususnya yang membantu karier Anda selama ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Tentang Traveling dan Karier"

Post a Comment