TIPS MENGHEMAT PULSA LISTRIK PRABAYAR

BAGAIMANA CARA MENGHEMAT PULSA LISTRIK?
Mau tau cara menghemat listrik terutama listrik rumah dengan pulsa prabayar? Bagi yang baru mempunyai rumah ataupun mengganti meteran listrik dengan jenis prabayar tentunya merasakan perbedaan yang cukup signifikan. Memang dengan sistem prabayar tentunya lebih aman dari kebakaran, PLN juga gampang untuk monitoring dan pelanggan pun tinggal beli pulsa listrik tanpa takut kode yang diberikan bakal tertukar dengan nomer PLN lain.
Ada satu masalah dimana ternyata listrik prabayar bisa lebih boros dibandingkan meteran listrik yang lama. Mungkin karena pelanggan listrik lama yang biasanya hanya 450 – 900 watt yang masih disubsidi pemerintah, untuk pelanggan listrik prabayar yang menggunakan pulsa sudah tidak ada lagi subsidi. Listrik prabayar pun ternyata minimal kategori 1300 watt dan itupun juga sangat susah, perlu waktu berbulan-bulan untuk mendapatkannya. Bisa dibandingkan ketika menggunakan meteran 450 watt dan 900 watt dengan jumlah 1350 watt, membayar tiap bulan kurang dari 80 ribu. Tapi ketika memakai listrik prabayar 1300 watt ternyata biaya bisa membengkak menjadi diatas 150 ribu, padahal pemakaian relatif sama. Tapi tenang, berikut akan diberikan bagaimana cara menghemat listrik tanpa bikin pengeluaran bulanan terganggu.

Tips Menghemat Listrik PLN Prabayar

  1. Hemat Listrik Pompa Air
    Yang masih menggunakan pompa air tentunya memerlukan listrik, lebih baik gunakan tandon untuk menampung air sehingga bisa dipakai sekitar 2-3 hari. Daripada pompa air hidup setiap kita saat kita memerlukan air tentunya lebih boros.
  2. Atur pemakaian AC/Pendingin Ruangan
    Pilih AC sesuai dengan besar ruangan, untuk ruang kecil gunakan saja AC 1/2 PK hemat energi. Untuk malam hari gunakan timer/pengatur waktu sehingga ketika ruangan sudah dingin dan udara pagi tidak terlalu panas, AC bisa langsung mati. Selain itu ketika menggunakan AC semua pintu dan jendela harus ditutup rapat agar udara di dalam lebih cepat dingin. Jangan lupa untuk membersihkan AC indoor dan outdoor secara berkala minimal 3 bulan sekali, agar udara yang kotor tidak mengendap.
  3. Hemat Lampu PeneranganJika ada ruang yang tidak cukup cahaya dan memerlukan penerangan lampu, ini perlu dibenahi. Bisa dengan cara melubangi langit-langit dan mengganti genteng dengan genteng transparan agar cahaya matahari bisa langsung masuk. Ruangan pun tidak menjadi lembab dan listrik bisa dihemat. Lebih baik gunakan lampu neon atau LED, memang mahal tapi penerangannya pun tidak kalah dengan lampu pijar biasa dan matikan lampu jika memang tidak diperlukan. Gunakan seperlunya saja.
  4. Hemat Menyetrika Pakaian
    Ini juga menjadi masalah borosnya listrik. Sering sekali kita menyetrika hanya 1-2 helai baju saja, padahal ini sangat boros listrik karena setiap kali menyetrika memerlukan daya yang lumayan besar untuk memanaskan elemennya. Lebih baik menyetrika baju seminggu sekali agar lebih hemat.
  5. Disiplin Mematikan Perangkat ElektronikPernah ngga posisi televisi dalam keadaan stand-by? Pasti sering kan. Padahal ini menyedot listrik juga loh tiap bulannya. Lebih baik ketika selesai menonton TV ataupun menggunakan perangkat elektronik seperti DVD player ataupun home theater lebih baik steker dicabut saja. Yang paling sering dilakukan juga adalah charger HP selalu ditancapkan di stop kontak, padahal ini juga membuang-buang listrik walaupun dalam jumlah yang relatif kecil.
  6. Gunakan Laptop daripada PC
    Jika anda sekarang menggunakan desktop PC dan merasa pengeluaran listrik bertambah mungkin bisa diperhitungkan untuk menambah budget untuk menukarnya menjadi laptop. Karena daya listrik yang dihemat jauh berbeda. Laptop hanya membutuhkan listrik DC yang disuplai lewat adaptor sedangkan PC komputer jelas memerlukan listrik AC yang minimal perlu 350 watt. Bayangkan jika anda bekerja 8 jam sehari berapa penghematan yang bisa anda lakukan. Terkecuali jika anda memang sangat memerlukan PC Komputer dan tidak bisa terganti dengan perangkat laptop.
  7. Tanam pohon di halaman rumah
    Sepertinya aneh ya? Tapi ini menjadi salah satu solusi menghemat listrik untuk poin 2 agar tidak terlalu tergantung dengan pendingin ruangan. Rumah pun menjadi lebih sejuk dengan pohon yang rindang. Sirkulasi udara pun lebih cepat ditukar karena pepohonan bisa menyerap gas beracun dari asap kendaraan.
  8. Hemat Listrik KulkasKulkas atau lemari es teknologi sekarang sudah hemat energi tapi ada beberapa tips agar lebih hemat listrik. Bersihkan seminggu sekali dan jangan menaruh barang-barang terlalu banyak sehingga waktu untuk mendinginkan lebih sedikit. Selain itu jangan langsung menaruh makanan ataupun minuman yang masih panas ke dalam lemari es. Jangan menaruh lemari es dimana tersorot matahari langsung dan berikan jarak sekitar 15-20 cm dari tembok agar sirkulasi udara lebih baik.

Subscribe to receive free email updates: